HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) PENGADILAN NEGERI SENGKANG

on Senin, 04 Februari 2019. Posted in Berita/Pengumuman Publik

PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) PENGADILAN NEGERI SENGKANG

               Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia telah menjadi dasar dalam memenuhi hak dan kebutuhan setiap warga negara Indonesia. Membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik merupakan sebuah keharusan seiring dengan meningkatnya harapan dan tuntutan masyarakat akan pelayanan publik yang baik. Untuk itu badan peradilan Mahkamah Agung beserta pengadilan di bawahnya berusaha untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan untuk masyarakat luas. Dengan berdasar pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, maka dibuatlah Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Nomor : 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan yang diaktualisasikan secara lebih serius ke dalam Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 77/DJU/SK/HM02.3/2018 tentang Pedoman Standar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri.

               Setelah keluarnya keputusan tersebut, Pengadilan Negeri Sengkang langsung menerapkan layanan PTSP  sesuai Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 77/DJU/SK/HM02.3/2018 tentang Pedoman Standar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri. PTSP sendiri merupakan pelayanan secara terintegritas dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap awal sampai dengan tahap penyelesaian produk pelayanan melalui satu pintu. Tujuan dari pembentukan sistem pelayanan tersebut adalah agar mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai dengan standar yang telah diterapkan serta memberikan pelayanan yang prima, akuntabel dan anti korupsi, kolusi, kolusi dan nepotisme.

               Dalam perjalanan menuju Zona Integritas, Pengadilan Negeri Sengkang kian berbenah dengan memberi pelayanan terbaik dengan petugas PTSP yang selalu memberi bantuan terbaik bagi para pencari keadilan. Prosedur yang dilakukan sendiri adalah pemohon mengambil nomor antrian yang telah disediakan, petugas akan memberitahukan pada pemohon untuk memenuhi persyaratan untuk diproses dan diselesaikan permohonan layanannya kemudian petugas akan memeriksa dan meneruskan berkas sesuai dengan SOP yang ada.

               PTSP merupakan program baru untuk pelayanan yang lebih terbuka dan tidak berbelit-belit bagi masyarakat. Perlu komitmen bersama oleh pimpinan dan para aparatur pengadilan dalam menjalankan program tersebut. Dalam rangka menunjang keberhasilan pelayanan PTSP, maka petugas pun wajib mengetahui serta memahami standar pelayanan pengadilan, prosedur administrasi dan beracara di pengadilan untuk setiap jenis perkara. Tak hanya itu, petugas juga harus mengetahui struktur organisasi dan persidangan, mampu mengoperasikan komputer, memiliki kemampuan berkomunikasi serta sopan santun yang baik dalam memberikan pelayanan optimal.

               Selain membekali para petugas PTSP sebagaimana yang menjadi kualifikasi petugas PTSP pada Pengadilan Negeri Sengkang, sarana dan prasarana pada ruang PTSP juga ditingkatkan dengan area tunggu, monitor antrian sidang, pendingin ruangan hingga software index kepuasaan masyarakat pada tablet di masing-masing bagian petugas PTSP. Harapan kedepannya, program PTSP Pengadilan Negeri Sengkang akan selalu menyajikan pelayanan yang optimal, prima dan bebas KKN.